Kamis, 14 Januari 2010

Misteri di Balik Lambang Pentagram


Banyak orang tahu tentang keberadaan lambang pentagram. Bahkan, kata pentagrampun sudah dijadikan permainan para bocah-bocah ingusan. Lambang inipun banyak digunakan pada film - film yang berbau magis atau sihir. Namun, mungkin tidak semua tahu apa itu pentagram. Nah, saya telah mencari referensi seputar pentagram. Saya akan menjelaskan satu-persatu apa itu pentagram.
Dari segi lambang, pentagram adalah lambang yang berupa bintang 5. Namun, jika saya lihat lambang pentagram yang lain, tidak hanya bintang 5 saja, tetapi terdapat gambar kepala kambing di dalamnya.
Dari hasil pencarian saya di wikipedia dengan keyword pentagram, ada hal menarik. Berikut saya berikan kutipannya.
"Pentagram digunakan secara simbolis pada masa Yunani kuno dan Babilonia. Pentagram dihubungkan dengan dunia sihir, dan banyak orang yang mempunyai kepercayaan paganisme mengenakan kalung berbentuk pentagram. Agama Kristen pernah menggunakan pentagram dengan umum untuk melambangkan lima luka Yesus, namun umat Kristen saat ini mengaitkan bentuk tersebut dengan Setan. Meskipun begitu, kebanyakan orang yang menggunakan bentuk ini bukanlah pemercaya Setan"
Ada hal 2 hal menarik disini. Bagian yang saya anggap menarik adalah 2 kalimat yang saya cetak tebal.
Yang pertama, statement bahwa pentagram digunakan untuk melambangkan 5 luka Jesus, padahal, dari hasil pencarian di situs alkitab online, saya tidak bisa menemukan hal yang berhubungan dengan pentagram maupun kata lima luka Jesus (mungkin ada informasi - informasi sejarah lain yang memang belum saya ketahui).
Namun, ada hal yang lebih menarik lagi. Kalimat terakhir yang mengatakan bahwa yang menggunakan bentuk pentagram bukanlah pemercaya setan. Namun, jika anda caridi google, baik literatur maupun gambar yang keluar kebanyakan tentang hal-hal yang berbau satanis.
Dari segi lambang, pentagram memiliki 5 sudut. Angka lima, entah mengapa memiliki makna yang misterius. Namun ada juga yang menghubungkan angka 5 sebagai jumlah luka Jesus di kayu salib.
Selain itu, rupanya, proporsi geometris dari pentagram adalah proporsi emas (golden proportion). Lebih lengkap tentang pentagram baca di sini. Kemudian, yang mungkin membuat anda semakin bertanya - tanya, mengapa dalam gambar bintang tersebut terdapat gambar kepala kambing?
Kepala kambing adalah simbol dari Baphomet, sang ksatria templar, yang merupakan lambang dari satanis.

10 komentar:

  1. Kalo yang gw tau,ini berdasar pengetahuan gw aja...
    di dalem pentagram kenapa ada kepala kambing..
    kalo di dalem islam...
    itu yang di namain DABBAH...
    mahkluk yang menandai kening semua orang apakah seseorang itu beriman atau tidak,pada akhir jaman.
    Namun ada yang menafsirkan bahwa wajah kambing dalam pentagram tersebut perwujudan lain dari dajjal.

    Tapi kalo di agama kristen, saya menafsirkan kalo wajah kambing yang terdapat pada pentagram tersebut adalah LUCIFER.

    BalasHapus
  2. lambang berbau magis di percya oleh penganut ajaran sesat sebagi simbolis kepercyaan mereka

    BalasHapus
  3. gw pernah baca di jakarta dalam pentagram
    yang semuanya berasal dari pentagram
    nahhh pentangram ini adalah lambang dari setan
    dan ada kata kata
    abadon
    lucifer
    dann ini semua adalah sebuah kepercayaan??????

    BalasHapus
  4. bnyak jenis dan bentuknya,asa usul,usil semua berhubungan dg si murtad mr.lucifer..
    jauh-jauh lah dari ajarannya,
    yg masih punya agama,JAGA DIRI biar gak kehasuuutt!!
    WYN

    BalasHapus
  5. qlo menurut yang saya tau nih... simbol kambing di pentagram itu emang lucifer.. pemilik sekaligus pendiri satanis ,,, dia mengabadikan dirinya dengan menerima tumbal2 dari para pengikutnya yang mengabdi secara sukarela setelah mereka menerima kekayaan,,simbol itu juga bisa djadikan simbol pesugihan

    BalasHapus
  6. Pendiri aliran pemuja setan seperti LaVey, dia memang bukan pengarang, tetapi pernah membuat kesepakatan dengan bangsa Jin, semua simbol - simbol sihir juga sudah disepakati dengan bangsa jin. begitu pula berhala - berhala tidak muncul dengan sendirinya, oleh karena itu hati - hati memasang simbol - simbol setan pada pakaian atau rumah.

    BalasHapus
  7. Saya usulkan anda membaca Satanic Bible, bedakan dengan Injil.
    anda asti akan terngaga setelah membacanya

    BalasHapus
  8. Saya tattoo kan lambang ini di lengan kiri saya . Gak Αđα hubungan apapun dengan setan Ɣ@Πg di tafsirkan oleh agama . Setan Dan tuhan itu satu >>> diri kita .

    BalasHapus
  9. Untuk kepercayaan satan lambang bintangnya kebalik ujung lancipnya kebawah yg berbentuk menyerupai kepala baphomet berbeda dengan bintang yg atasnya lancip tertujuh ke Tuhan, dalam pentagram terdapat 5 sisi lancip yg menandakan 5 indra manusia, untuk ruas tengah menujuh jiwa dan untuk lingkaran menandakan pembatas baik buruk manusia

    BalasHapus