Senin, 11 Januari 2010

Misteri Stonehenge


Pernah liat bangunan tua yang bentuknya melingkar seperti jam? Bangunan itu bernama stonehenge. Bangunan tersebut adalaha bangunan yang dibangun semenjak jaman perunggu. Bangunan yang terdapat di Inggris ini konon memiliki fungsionalitas seperti jam. Pada pembangunannya, ternyata penciptaan bangunan stonehenge ini untuk kepentingan astrnomi.
Berikut adalah potongan penjelasan yang saya dapatkan dari wikipedia :
"Monumen ini diselaraskan timur laut - barat daya dan sering dicadangkan bahwa keutamaan diletakkan oleh pembangunnya pada titik balik matahari dan equinox agar sebagai contohnya, pada pertengahan pagi musim panas, matahari muncul tepat di puncak batu tumit (heel stone), dan cahaya pertama matahari pergi terus ke tengah Stonehenge antara dua susunan batu berbentuk ladam. Tidak mungkin aturan itu terjadi secara kebetulan. Matahari timbul pada arah berlainan pada permukaan geografi tempat berlainan. Untuk penyelarasan itu tepat, ia mesti diperkirakan tepat untuk garis lintang Stonehenge pada 51° 11'. Penyelarasan ini, tentunya dasar bagi reka dan bentuk dan tempat bagi Stonehenge. Alexander Thom berpendapat bahawa lokasi tersebut diatur menurut ukuran yar megalitikum."
Karena alasan itu, beberapa para ahli menganggap bahwa stonehenge adalah tempat observatorum yang sangat kuno. Ada juga yang berpendapat bahwa stonehenge itu adalah tempat pendaratan makhluk asing.
Namun, apakah ada paganisme dibalik bangunan stonehenge tersebut?
Ada penganut pagan pada tonehenge tersebut yang disebut dengan druid. Konon yang mendirikan bangunan stonehenge itu adalah para druid. Namun para ahlipun belum ada yang 100% yakin siapa dan kapan sebenarnya bangunan ini didirikan. Selengkapnya baca disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar