Sabtu, 09 Januari 2010

Siapa sebenarnya yang disebut vmanusia penghisap darah?


Sebenarnya siapa sih yang disebut vampire atau manusia menghisap darah?
Suspeknya ada 2. Yang pertama yang sudah sangat terkenal dan bahkan sudah difilmkan, Vlad III. Tokoh ini memang sangat fenomenal. Kemudian tokoh ini diangkat menjadi karakter sebuah novel ciptaan Bram Stoker dalam novelnya Dracula yang diterbitkan pada tahun 1897.
Menurut catatan sejarah, Vlad III atau yang lebih dikenal sebagai drakula, lahir di Transylvania, Rumania.  Ia merupakan anak kedua dari Vlad II dan Cneajna, seorang putri dari Moldavia.
Kekejaman yang dilakukan oleh Vlad III hanyalah membantai 23000 tentara Turki Ottoman, namun tidak ada catatan sejarah yang menuliskan bahwa dia pernah meminum darah manusia. Cerita tersebut hanyalah karangan dari Bram Stoker.
Namun berbeda halnya dengan Ratu Elizabeth Bathory. Elizabeth Bathory adalah seorang bangsawan wanita dari Hungaria. Dia lahir pada tanggal 7 Agustus 1560 dan meninggal pada tanggal 21 Agustus 1614. Konon, Elizabth bathory memiliki kelainan jiwa. Dia pernah membunuh pelayan wanita diistananya dan menampung darahnya dalam sebuah bath tube. Kemudian dia mandi di dalamnya dan meminum darahnya. Dia mempercayai apa yang disebut rahasia awet muda dengan darah perawan. Dia adalah seorang yang narsis dan terbiasa dengan kekejaman. Bahkan, dia pernah meminta seorang pandai besi untuk membuat sebuah alat yang dinamakan Iron Maiden. Semacam peti perukuran manusia yang di dalamnya terdapat banyak paku.
Menurut catatan sejarah, dia pernah menculik gadis-gadis desa dn gadis bangsawan rendahan untuk dijadikan korbannya. Ada yang urat nadinya dipotong dan dibiarkan terikat sampai mati kehabisan darah, dan ada pula yang dimasukkan kedalam iron maiden.
Jadi, intinya adalah yang benar-benar meminum darah manusisa adalah Elizabeth Bathory, bukannya Drakula atau Vlad III.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar