Minggu, 07 Februari 2010

Penyebab Wanita Tahan Dingin

 
.

Nah, nah, sekarang tema kali ini adalah wanita sexy versus cuaca dingin
Sebelum memulai pembahasan, pernah gak kalian (khususnya para cowok) cewek yang pake pakean minim pas malem hari. Pas lagi dingin - dinginnya.
Nah, kalo saya pernah. Sekarang saya kan sedang menjalani studi S1 saya di bandung. Nah kalo sekedar liat wanita berpakean sexy mah udah sering. Tapi yang paling bikin saya gak habis pikir, kenapa di dalem ruangan sedingin bioskop, tengah malem, cewek-cewek itu makin parah aja pakeannya dan tahan lagi sama cuaca dingin.
Kalo saya sih jujur saja gak keberatan sama cewek yang pake pakean sexy. Itu kan hak tiap-tiap orang (saya juga demen kok ngeliatnya). Yang bikin saya bingung, apa ada pertahanan cewek secara fisis yang bisa menahan cuaca dingin? Setahu saya, yang dapet mencegah atau menahan tubuh kita dari cuaca dingin itu cadangan lemak di kulit kita. Nah, cewek yang biasa saya liat kan badannya langsing-langsing, gak mungkinkan dia punya cadangan lemak dibawah kulitnya?
Terus lagi, saya mencoba membuat perbandingan.  Malem itu pas saya lagi nonton, saya pake pakean extra ketutup, baju plus jaket yang rada tebel, ama celana panjang plus celanda pendek didalemnya. Tapi tetep aja merembes dinginnya sampe ke dalem.
Nah, tubuh manusia memang memiliki sistem pengaturan suhu tubuh, seperti ketika kita terkena demam tubuh kita jadi panas. Saya juga pernah baca, demam itu dapat disebabkan karena gangguan otak (tentu saja, karena otak memiliki kendali akan tubuh kita seperti sistem pengeluaran air, rasa lapar, dan sebagainya). Selain itu bisa juga akibat bahan - bahan kimia yang dapat merangsang pusat pengaturan suhu yang disebut pirogen.
Perubahan suhu tubuh pada manusia ini diatur oleh hipotalamus. Sifat dari pengaturan suhu tubuh oleh hipotalamus ini adalah menaikkan suhu badan jika suhu luar dingin, dan sebaliknya jika suhu badan dingin. Nah, hipotalamus ini memiliki respon penyeimbangan suhu yang cukup tinggi. Dia dapat mendeteksi perubahan suhu darah sekecil 0,01 derajat celcius sekalipun. Jadi, mungkinkah pada dasarnya suhu darah wanita lebih dingin dari pria? Bingo...rupanya benar. Wanita memiliki temeperatur darah yang lebih dingin dari pria. Mengapa? Karena wanita memiliki pembuluh darah yang lebih sempit dari pria.
Nah, itulah sebabnya mengapa di cuaca dingin sekalipun, wanita sanggup menggunakan pakaian minim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar